ES Peduli dan SRPB Jatim Bergerak Salurkan Donasi ke Jember

Pendakiawp

Sidoarjo – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo pernah menyatakan bahwa sinergitas pentahelix (5 untaian) harus bisa dimaksimalkan. Salah satu helix dalam penanggulangan bencana adalah dunia usaha yang memiliki potensi besar. Potensi tersebut adalah Corporate Social Responsibility (CSR).

Menyadari hal tersebut, komunitas Entrepreneur Smanisda Peduli (ES Peduli) bergerak untuk membantu meringankan beban korban banjir di Jember,Sabtu (23/1). Sebanyak 8 orang menggunakan dua mobil menuju ke Ambulu, Jember.

Komunitas para wirausaha alumni SMAN 1 Sidoarjo ini membawa bantuan berupa perlengkapan mandi (handuk, sabun, pasta gigi, sikat gigi) serta alat kebersihan untuk para korban banjir. “Memiliki Kepedulian terhadap Sesama” merupakan salah satu motto tim ES Peduli ini.

Menurut Afrizal Razqi, relawan muda yang masih berstatus mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) ini, ikut tergabung dalam tim respon banjir kali ini sangat berkesan. Bahkan sepulangnya besok, dia berkeinginan untuk hadir kembali di Jember.

“Insya Allah, kami juga akan berangkat lagi bersama teman-teman mahasiswa kampus Unesa. Kami akan mengadakan bakti sosial juga,” katanya.

Sementara, Koordinator Tim ES Peduli Andreas Tirta Sinulingga menyatakan, ES Peduli berusaha membangun sinergitas antarkomunitas. Baik dengan kawan-kawan Berandal Alas Rescue maupun SRPB Jawa Timur.

“Saya yakin CSR sangat bisa berperan dalam penanggulangan bencana. Kami paham apa yang bisa dilakukan,” ungkapnya.

Bersama rombongan juga tampak tim dari anggota Pramuka, Aslichatul Insiyah, Florentinus Umbar Haryono, dan Arie Bekti. Perwakilan Tim Navigator Shooter ada Dinda Kurunia Restu. Sedangkan dari komunitas Jalur Bebas Rintangan Kabut (Jabrik) diwakili Budi Sarwoko.

Dalam rangkaian kegiatan bakti sosial kali ini juga didukung 60 dus air minum dari komunitas titipair.org yang merupakan mitra ES Peduli juga.

Adapun rencana kegiatan yang dilakukan adalah koordinasi dengan pihak pemangku kebijakan di Posko Induk BPBD Jember, pembersihan daerah pasca banjir, penyerahan bantuan logistik, pemberian paket hand sanitizer, dan alat mandi.

Kawasan yang dituju direncanakan ke Desa Bandealit, Jember di hari berikutnya. Bandealit merupakan daerah rawan tsunami di pesisir selatan Jawa Timur.

Upaya CSR komunitas ES Peduli ini patut diacungi jempol. Pasalnya, saat ini kepedulian dari helix bidang usaha sangat diharapkan dalam upaya penanggulangan bencana.(*)

Shared With Love

Related posts

Leave a Comment