Estimasi Dan Biaya Pendakian Gunung Arjuno Via Purwosari

Arjuno welirang-pendakiawp

Kali ini kita akan berbagi informasi estimasi biaya dan waktu pendakian gunung arjuno via purwosari. Gunung arjuno sendiri adalah sebuah gunung berapi kerucut (istirahat) di Jawa Timur, Indonesia dengan ketinggian 3.339 m dpl. Gunung Arjuno secara administratif terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan dan berada di bawah pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Gunung arjuno merupakan gunung tertinggi kedua di jawa timur setelah gunung semeru, serta menjadi gunung tertinggi keempat di pulau jawa.

Pendakian gunung arjuno terdiri dari empat basecamp, purwosari, tretes, lawang dan cangar batu, tapi kali ini kita membahas via purwosari, jalur sejarah dan wisata religi. Kenapa disebut juga jalur wisata religi di basecamp pendakian gunung arjuno via purwosari? Karena disetiap jalur pendakian terdapat peninggalan atau petilasan zaman kerajaan singosari. Mulai dari pos satu ontobogo sampai pos 7 djawa dwipa kita melewati peninggalan sejarah, mulai dari petilasan, candi dll. Banyak orang yang berkunjung kesini hanya sekedar berziarah, membersihkan diri dll, teritama mereka yang masih menganut aliran kepercayaan jawa.

Untuk menuju basecamp pendakian gunung arjuno via purwosari dari malang atau surabaya, kita tinggal naik bus umum jurusan surabaya – malang atau malang surabaya. Nanti kita turun di purwosari. Untuk biaya naik bus dari malang-purwosari 5rb sedangkan dari surabaya – purwosari 8rb. Nanti dari purwosari kita naik ojek menuju desa tambakwatu, disini tidak ada angkutan umum atau desa. Untuk ongkos naik ojek kisaran 50rb perorang. Setelah sampai basecamp di desa terakhir tambakwatu kita registrasi ulang, oh iya sebelumnya registrasi wajib online ya nanti di pos kita tinggal verifikasi dan membayar simaksi.

Hari pertama
Basecamp – Pos 1 Guo Ontobogo 1 jam
Disini kita melewati perkebunan warga dan pohon pinus sampai pos 1 guo ontobogo. Guo Ontobogo sendiri biasa buat ziarah, selain itu disana juga ada bangunan logo kostrad.

Guo Ontobugo

Baca Juga : Estimasi Waktu dan Biaya Pendakian Gunung Arjuna Welirang Via Tretes

Pos 1 Guo Ontobogo – Pos 2 Tampuono 1 jam 30 menit
Disini kita masih melewati perkebunan warga, terutama tanaman kopi. Di tampuono terdapat warung dan banyak tempat-tempat untuh berziarah.

Pos 2 Tampuono – Pos 3 Eyang sakri 10 menit
Dari Tampuono ke eyang sakri pos 3 cukup dekat dan terlihat bangunan gubuk untuk berziarah.

Pos 3 Eyang Sakri – Pos 4 Eyang Semar  1 jam 30 menit
Dari sini jalan mulai menanjak, hutan lebat memanjakan suasana. Disini juga nanti kita melewati alas tengah yang katanya angker kata anak instagram. Setelah sampai di eyang semar banyak bangunan atau pondokan buat para peziarah menginap. Ada juga tempat persembahan dan tempat untuk sholat.

Pos 4 Eyang semar – Pos 5 Mangkhutoromo 45 menit
Jalan disini menanjak dan sangat terjal, seolah-olah kita sedang menaiki tangga untuk menuju candi mangkhutoromo. Candi Mangkhutoromo adalah candi yang cukup besar dan masih terawat. Disini tampak terlihat peninggalan sejarah kerajaan singosari. Selain itu di mangkhutoromo biasany tempat camp untuk para pendaki yang mau ke gunung arjuno, karna cuma satu-satunya tempat yang ada sumber air.

Hari Kedua
Pos 5 Mangkhutoromo – Pos 6 Candi Sepillar 30 menit
Dari mangkhutoromo ke candi sepilar cukup dekat, terlihat bangunan tangga candi dan patung penjaga kerajaan dwarapala. Setelah melewati tangga candi sepilar kita sampai di puncak candi yang terdapat altar pandawa lima.

Pos 6 Candi Sepillar – Pos 7 Jawa Dwipa 1 jam 30 menit
Dari sepilar ke djawa dwipa jalan mulai menanjak, lagi-lagi fisik kita di uji. Hutan disini tidak begitu rimbun dan ilalang cukup tinggi-tinggi. Di djawa dwipa terdapat petilasan biasanya banyak orang yang menaruh sesajen di sana.

Sepilar

Baca juga : Cara Registrasi Online dan Peraturan Pendakian Gunung Arjuna Welirang

Pos 7 Djawa Dwipa –  Pelawangan 4 jam
Perjalanan dari djawa dwipa ke pelawangan ini cukup panjang di banding pos sebelumnya, kita melewati hutan pinus dan alas lali jiwo yang katanya anak-anak instagram seram. Melewati cemara sewu, pertigaan jalan via lawang.

Pelawangan – Puncak 1 jam
Dari pelawangan ke puncak lumayan dekat karena puncak ogal-agil sudah kelihatan. Jalurnya menanjak dan bebatuan.

Estimas Biaya Dari Surabaya / Malang :
1. Surat kesehatan 10rb
2. Bus PP malang – Purwosari 10rb / Bus PP surabaya – purwosari 16rb
3. Ojek purwosari – tambakwatu PP 100RB
4. Simaksi 3 hari 2 malam 33rb

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Arjuno Via Purwosari 3 Hari 2 Malam :

Hari Pertama
1. Basecamp – Pos 1 Guo Ontobugo = 1 jam
2. Pos 1 Guo Ontobugo – Pos 2 Tampuono = 1 jam 30 menit
3. Pos 2 Tampuono – Pos 3 Eyang sakri = 10 menit
4. Pos 3 Eyang Sakri – Pos 4 Eyang Semar  1 jam 30 menit
5. Pos 4 Eyang semar – Pos 5 Mangkhutoromo 45 menit

Hari Kedua
6. Pos 5 Mangkhutoromo – Pos 6 Candi Sepillar 30 menit
7. Pos 6 Candi Sepillar – Pos 7 Jawa Dwipa 1 jam 30 menit
8. Pos 7 Djawa Dwipa –  Pelawangan 4 jam
9. Pelawangan – Puncak 1 jam
10. Puncak – Camp Pos 5 Mangkhutoromo 3 jam 30 menit

Hari ketiga
11. Pos 5 Mangkhutoromo – Perijinan 2 jam

Nb. Camp di pos 5 Mangkhutoromo karena satu-satunya sumber air disini.

Shared With Love

Related posts

Leave a Comment