Pendakiawp

Kali ini kita akan membahas estimasi dan biaya pendakian Gunung Arjuno welirang via Sumberbrantas dimana baru sempat kita tulis karena kesibukan yang tidak jelas hehehe

Gunung Arjuno welirang menjadi target tujuan banyak pendaki karena salah satu gunung tertinggi kedua di Jawa Timur dan keempat di Jawa. Selain itu dalam satu kawasan kita juga bisa mendaki 4 puncak sekaligus yaitu puncak Arjuno, Kembar 2, Kembar 1 dan puncak Welirang. Dari 4 puncak itu memiliki ketinggian di atas 3000 meter, sangat memuaskan dan menyenangkan bukan, bisa mencapai 4 puncak sekaligus dalam satu pendakian.

Gunung Arjuno welirang sendiri terletak di 4 Kabupaten/kota, diantaranya, Kabupaten Malang, Kota Batu, Kabupaten Mojokerto, dan Kabupaten Pasuruan. Begitupun jalur pendakian yang bisa dilalui dari sebelah Utara via Tretes dan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, sebelah timur via Lawang, Kabupaten Malang, dan sebelah barat via Sumberbrantas, Kota Batu. Dari keempat jalur tersebut, jalur Sumberbrantas sekarang menjadi jalur favorit pendakian karena estimasi yang pendek, jalur yang landai, serta untuk mencapai 4 puncak sangat mudah dan singkat. Selain itu untuk simaksi pendakian Gunung Arjuno welirang wajib online dan membawa surat sehat. Harga tiket simaksi pendakian Gunung Arjuno welirang 10rb ditambah 1rb untuk asuransi, sedangkan untuk mancanegara 200rb ditambah 1rb.

Pos Perijinan Pendakian Gunung Arjuno welirang via Sumberbrantas

Untuk mencapai Perijinan pendakian Gunung Arjuno welirang via Sumberbrantas (tidak ada Basecamp) kalau naik akomodasi umum seperti bus dan kereta kita turun di Kota Malang, kalau Kereta Api kita turun di stasiun Malang Kota Baru, sedangkan kalau Bus kita turun di Arjosari, sedangkan kalau pesawat bisa di Bandara Abdurahman sholeh, Malang atau Bandara Juanda, Surabaya. Sedangkan kalau bawah kendaraan sendiri bisa pakai maps dengan alamat Jl. Raya Sumber Brantas No.246, Sumber Brantas, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65336. Jam operasional Pendakian Gunung Arjuno welirang via Sumberbrantas 08:00 – 16:00, sedangkan kalau ada pendaki yang datang kesorean atau malam bisa istirahat di perijinan dulu yang sudah disediakan.

Sedangkan kalau kita naik angkutan umum lewat surabaya kita bisa turun di Stasiun Gubeng/Pasar Turi, dari stasiun nanti naik bus kota turun terminal Bungurasih, ongkos bus jauh Dekat 8rb perorang, Surabaya. Kalau yang naik Bus langsung saja turun atau ambil tujuan terminal Bungurasih. Terus dari terminal Bungurasih, Surabaya kita naik Bus lagi jurusan Surabaya – Malang, nanti turun di Taspen atau Terminal Arjosari, ongkos Bus 15rb perorang.

Pada intinya untuk menuju ke Perijinan Sumberbrantas kalau naik angkutan umum kita turun Malang karena lebih dekat dengan perijinan Sumberbrantas. Dari malang nanti kalau rombongan banyak 5-6 orang bisa sewa mobil untuk drop dari kota malang-perijinan tanpa susah payah menunggu angkutan umum, dimana jalannya menunggu penumpah penuh dulu. Untuk rental mobil Drop PP sekitar 700rb untuk 5-6 orang.

Sedangkan kalau naik Angkutan umum dari terminal atau stasiun Malang kita bisa naik angkutan dengan kode AL dan ADL dengan jurusan dan Turun di terminal Landungsari, ongkos angkutan 10rb perorang jauh dekat. Dari Landungsari nanti oper angkutan lagi yang jurusan kota Batu, untuk ongkos kisaran 10-20rb perorang dan turun di terminal kota Batu, dari kota Batu nanti oper lagi angkutan umum jurusan Sumberbrantas, Canggar, ongkos angkutas 15-25rb perorang. Operasional angkutan umum dari Malang – Sumberbrantas ini biasanya pagi jam 8 – 12, selain itu angkutannya juga sangat jarang ada penumpang dan beroperasi, jadi pintar-pintar nego dan mengatur waktu saja agar tidak kesiangan dan kemalaman sampai perijinan.
Setelah panduan dan biaya pendakian beres, kita selanjutnya membahas estimasi pendakian Arjuno welirang via Sumberbrantas dengan waktu 3 hari 2 malam, 4 puncak sekaligus.

Pendakian Gunung Arjuno welirang hanya diperbolehkan untuk berangkat pagi, dan pos perijinan buka sekitar jam 8 pagi. Hari pertama pendakian kita menyiapkan keperluan pendakian dan mengurus ulang simaksi pendakian yaang sudah dicetak/print. Oh iya sebelumnya sekali lagi untuk pendakian Gunung Arjuno welirang wajib simaksi online dan surat sehat ya lur. Setelah pos buka berkas simaksi dan surat sehat kita jadikan satu untuk di acc petugas pos perijinan, setelah itu kita bersiap-siap untuk naik pickup sampai batas hutan, lumayan jauh sekitar 30 menit naik pickup L300, dan 2-3 jam jalan kaki.

Bats Hutan, Gunung Arjuno welirang via Sumberbrantas

Untuk angkutan pickup sendiri sudah tersedia di pos perijinan jadi kita tidak perlu mencari, paling cuma antri menunggu giliran kalau saat pendakian rameh. Untuk pickup sendiri minimal 4 orang, ongkos pickup 25rb perorang, sedangkan kalau dibawah 4 orang itu ongkos pickup 35rb, tapi kalau kalian mendaki di hari Jumat – Minggu pasti banyak barengan disana.

Pos Perijinan – Pos 1 ( 40 menit)

Pos 1, Gunung Arjuno welirang via Sumberbrantas

Start pendakian kita dari ketinggian 1.655 mdpl dengan naik pickup L300 yang sudah di sediakan di pos perijinan, untuk pickup hanya sampai batas hutan atau kebun, estimasi 30 menit. Setelah sampai batas hutan (1.950 mdpl) kita berdoa dulu sebelum memulai pendakian, setelah itu mulai trekking, medan agak landai dan mulai masuk hutan, sekitar jalan 10 menit kita sampai di pos 1 dengan ketinggian 2.056 mdpl.

Pos 1 – Pos 2 ( 1 jam 30 menit)

Pos 2, Gunung Arjuno welirang via Sumberbrantas

Dari pos 1 ke pos 2 medan lumayan terjal, dan hutan agak rapat, kisaran kemiringan 35-45°. Trek pendakian di dominasi tanah, kalau hujan lumayan licin. Setelah 1 jam 30 menit jalan akhirnya sampai di pos 2. Pos 2 lumayan luas dengan ketinggian 2.357 mdpl, dengan dikelilingi pohon yang masih rapat, selain itu cocok juga buat camp menampung 5-8 tenda. Di pos 2 kita istirahat kisaran 10 menit.

Pos 2 – Pos 3 ( 1 jam 30 menit)

Pos 3, Gunung Arjuno welirang via Sumberbrantas

Disini mental mulai di uji, jalur mulai menanjak dengan kemiringan 45-65°, disetiap jalur hutan mulai terbuka dan tertutup sedangkan trek masih di dominasi dengan tanah. Setelah 1 jam 30 menit berjalan kita sampai pos 3 dengan ketinggian 2.570 mdpl dan di tandai dengan pohon tumbang, biasa buat foto-foto para pendaki. Disini kita bisa bersantai dan istirahat sejenak, karena suasana disini juga cukup tenang dan lumayan dingin.

Pos 3 – Lembah Lengkehan ( 45 Menit)

Lembah lengkehan dari Trek kembar 1, Gunung Arjuno welirang via Sumberbrantas

Pos 3 sampai lembah lengkehan sangat menanjak, dengan kemiringan 50-65°, hampir tidak ada bonus untuk duduk sejenak karena hampir semunya tanjakan sampai area camp lembah lengkehan. Disini hutan juga rapat, banyak ilalang serta uap welirang yang bisa menghangatkan tubuh. Setalah 45 menit berjalan akhirnya kita sampai di Lembah lengkehan dengan ketinggian 2.911 Mdpl. Sampai lembah lengkehan kita istirahat sejenak sambil mencari tempat camp yang nyaman.

Lembah lengkehan sering berkabut dan anginnya yang besar jadi suasana disini sangat dingin. Lembah lengkehan adalah area camp diantara 2 puncak Gunung kembar 1 dan 2 jadi camp ini salah satu camp yang sangat bagus diluar lembah kidang yang mempesona.

Lembah Lengkehan – Kembar 2 ( 30 Menit)

Trek Kembar 2, Gunung Arjuno welirang via Sumberbrantas

Setelah mendirikan tenda dan istirahat sejenak kita langsung summit ke Gunung kembar 2, dimana puncak gunung kembar 2 sangat kelihatan dari lembah lengkehan dan hanya 30 menit perjalanan. Karena tadi kita start pendakiannya pagi sekitar jam 10 jadi bisa kekajar untuk langsung lanjut sunset di Gunung Kembar 2. Setelah berjalan 30 menit dengan kemiringan 65-85° kita akhirnya sampai puncak Gunung Kembar 2 dengan ketinggian 3.113 mdpl. Di puncak Kembar 2 kalau cerah sunsetnya sangat indah dan bikin ketagihan untuk kembali lagi kesini, dan bisa dapat Golden sunset. Setelah puas di puncak, swafoto dan menikmati pemandangan kita turun ke lembah lengkehan area camp.

Lembah Lengkehan – Puncak Arjuno ( 3 jam 30 menit)

Puncak Ogal-agil Gunung Arjuno

Setelah sampai tenda habis turun dari Kembar 2 kita masak-masak, kopi dan teh. Menikmati malam di Lembah lengkehan yang dingin dengan suara angin yang menggebu-gebu. Setelah habis masak dan makan malam kita istirahat karena untuk menjaga kondisi fisik dan tubuh agar bisa melanjutkan summit ke puncak Arjuno.

Jam 2 pagi hari kedua pendakian kita start summit dari Lembah lengkehan menuju puncak Arjuno, di setiap jalan kita melewati pemandangan yang sangat indah dengan pohon pinus yang menjulang tinggi, sabana luas lapangan kotak yang mirip Ranukumbolo, Gunung Semeru, dan dan Alas lali djiwo yang sunyi dan syahdu, karena tiupan angin yang kencang. Setelah 3 jam berjalan dengan kemiringan 65-85°akhirnya kita sampai di pasar dieng, batas vegetasi dari sini puncak Arjuno kelihatan dan perjalanan sampai puncak hampir sampai. Setelah 30 menit berjalan naik turun pasar dieng akhirnya kita sampai di Puncak Arjuno dengan ketinggian 3.339 Mdpl.

Puncak Arjuno sisi barat

Dari puncak Arjuno kita bisa melihat bentang alm yang luas, nampak kelihatan Gunung Panderman Bhutak, Gunung Semeru, Anjasmoro, Argopuro, Raung, Gunung Penanggungan dll. Sangat indah, semua terlihat dari Puncak Ogal-agil Gunung Arjuno, Gunung tertinggi kedua di Jawa timur.

Setelah 2 jam di puncak, kita turun kembali ke tenda Lembah lengkehan, 2 jam berjalan kita sampai camp dan istirahat sejenak menikmati Lembah Lengkehan.

Lembah Lengkehan – Puncak Kembar 1 – Puncak Welirang ( 2 jam 30 Menit )

Puncak Gunung Kembar I

Semua team sudah turun dari Arjuno, makan dan istirahat untuk persiapan hari ketiga summit Puncak kembar 1, welirang dan kembali turun ke perijinan sumberbrantas. Start summit ke Gunung kembar 1 dan welirang jam 3 pagi, trek menanjak dan curam dengan medan bebatuan dan kemiringan hampir 90°, kita harus hati-hati saat melangkah agar batu tidak jatuh mengenai teman dibawah kita. Setelah 30 menit berjalan kita sampai Puncak Kembar 1 dengan ketinggian 3.037 Mdpl. Istirahat sejenak dan foto sebentar dan langsung lanjut ke puncak welirang.

Dari kembar 1 ke puncak welirang jalurnya agar landai dan menurun dengan medan bebatuan. Setelah 30 menit berjalan kita sampai Taman dewa, pertemuan jalur sumberbrantas dan Tretes. Di taman dewa istirahat sebentar dan langsung lanjut ke puncak welirang dengan trek bebatuan, melipir bukit dengan kemiringan 45-65°. Setelah 1 jam 30 menit berjalan dengan trek bebatuan khas gunung berapi akhirnya kita sampai Puncak Gunung Welirang 3.156 Mdpl.

Pemandangan disini sangat indah dan mempesonan, asap dan bau belerang sangat menyengat, dan disarankan saat summit welirang membawa masker. Dari puncak welirang nampak Gunung-Gunung yang ada di jawa timur kelihatan jelas dan gagah, ditambah langit biru yang cerah sungguh membuat mata hanyut dalam keindahan.

Puncak Gunung Welirang

Setelah 2 jam dinpuncak welirang kita kembali turun ke camp agar tidak kesiangan saat turun kembali ke perijinan. Setelah 2 jam berjalan kita sampai area camp dan istirahat sebentar untul mempersiapkan turun.

Lembah Lengkehan – Perijinan Pendakian
Setelah prepare dan makan selesai kita lanjut turun, melewati pos 3, pos 2 dan pos 1 seperti awal kita naik kemarin. 2 jam berjalan kita akhirnya sampai di batas hutan dan sudah ada pickup yang menunggu untuk mengantar ke perijinan. Untuk harga pickup sama seperti waktu naik 25rb perorang. 30 menit naik pickup kita sampai di perijinan dan langsung laporan turun.

Camp Lembah Lengkehan, Gunung Arjuno welirang via Sumberbrantas

Sampai pos kita sekitar jam 3 sore, karena sudah tidak ada angkutan untuk ke malang kita putuskan untuk carter drop ke malang dengan harga 500rb, mahal dikit asal bisa pulangblebih cepat untuk bekerja besok paginya.

Estimas pendakkian 4 Puncak Arjuno welirang via Sumberbrantas

1. Perijinan – Batas Hutan – Pos 1 40 menit
2. Pos 1 – Pos 2 1 jam 30 menit
3. Pos 2 – Pos 3 1 jam 30 menit
4. Pos 3 – Lembah Lengkehan 45 menit
5. Lembah Lengkehan – Kembar 2 30 menit
6. Lembah Lengkehan – Puncak Arjuno 3 jam 30 menit
7. Lembah Lengkehan – Kembar 1 – Puncak Welirang 2 jam 30 menit

A. Malang – Sumberbrantas

1. Simaksi Lokal 11.000rb
2. Simaksi Mancanegara 201.000
3. Angkutan umum Malang – Landungsari 10.000 – 20.000
4. Angkutan Umum Landungsari – Batu 15.000 – 25.000
5. Angkutan Umum Batu – Sumberbrantas 20.000 – 35.000
6. Pickup 25.000 perorang sekali jalan

B. Surabaya – Sumberbrantas

1. Simaksi Lokal 11.000rb
2. Simaksi Mancanegara 201.000
3. Bus Surabaya – Malang 15.000
4. Angkutan umum Malang – Landungsari 10.000 – 20.000
5. Angkutan Umum Landungsari – Batu 15.000 – 25.000
6. Angkutan Umum Batu – Sumberbrantas 20.000 – 35.000
7. Pickup 25.000 perorang sekali jalan

Shared With Love

By Pendaki Awp

Pendakiawp (Arjuna Welirang dan Penanggungan) adalah media informasi tentang destinasi wisata dan pendakian gunung arjuno welirang dan gunung penanggungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *