Pendakiawp

Gunung penanggungan menjadi gunung favorit pendaki yang baru pertama kali meendaki gunung. Selain pemandangan yang indah, perjalanannya juga untuk mencapai puncak penanggungan atau pawitra sangat berat karena jalannya yang menanjak dan terjal. Gunung Penanggungan sendiri disebut juga miniatur gunung semeru, ini karena puncaknya terdapat hamparan pasir yang luas. Gunung penanggungan dapat di capai di 5 titik pos pendakian, darantara lain dari desa tamiajeng, kedungudi, jolotundo, kunjorowesi dan jalur telaga. Dari 5 jalur ini jalur tamiajeng adalah jalur favorit pendakian, selain jalurnya yang sangat jelas juga pemandangannya sangat bagus disini daripada jalur lainnya.

Untuk menuju ke pos pendakian Tamiajeng kalau dari surabaya atau malang kita tinggal naik bus jurusan surabaya malang atau sebaliknya, turun di terminal pandaan, untuk tarif bus dari surabaya atau malang ke pandaan 7rb. Dari terminal pandaan kita naik angkuta desa yang menuju ke trawas, atau bilang ke ke angkutannya mau muncak ke gunung penanggungan pasti sudah mengerti. Untuk tarif angkutan dari pandaan trawas 15rb. Setelah naik angkutan sampai di trawas kita tinggal naik ojek dari tamiajeng ke pos perijinan pendakian gunung penanggungan,buntuk  tarif ojek 15rb, atau bisa nego ke angkutannya apa bisa mengantar langsung ke pos perijinan pendakian tapi tetap ada biaya tambahan untuk angkutan umumnya.

Untuk registrasi pendakian dilakukan secara offline atau langsung ke ditempat perijinan. Setelah sampai pos perijinan pendakian kita tinggal registrasi pendakian, mengisi nama, alamat, jumlah anggota, dan waktu lama pendakian. Untuk waktu pendakian gunung penanggungan cukup 2 hari 1 malam ini sudah jalan santai. Untuk harga tiket atau simaksi pendakian 10rb. Setelah selesai registrasi pendakian kita bisa langsung berangkat dan di briefing sebentar oleh petugas disana. Biasanya kita disuruh bawah air yang cukup, per orang 2-3 botol karena di gunung penanggungan tidak ada sumber air.

Hari Pertama
Pos perijinan – Pos 2 30 menit

Setelah selesai briefing kita bisa lanjut jalan. Dari perijinan ke pos 2 cukup dekat sekitar 20-30 menit. Disini kita melewati perkebunan warga sampai di pos 2. Disini jalannya masih landai, di pos 2 ada warung kita bisa istirahat disana.

Pos 2 – Pos 3 30 menit

Setelah cukup istirahat di pos 2 kita bisa lanjut ke pos 3, disini masih agak landai dan sedikit menanjak. Dari pos 2 – pos 3 cukup dekat sekitar 30 menit

Pos 3 – Pos 4 1 jam

Dari pos 3 ke pos 4 jalan mulai menanjak, tidak ada bonus disini. Disini jalannya agak licin, jalannya bertangga. Darisini mulai masuk hutan yang cukup rapat.

Pos 4 – Puncak bayangan 1 jam 30 menit

Dari pos 4 ke puncak bayangan jalan menanjak, lutut ketemu kepala hahahah. Disini fisik lumayan dikuras. Terlihat batas vegetasi dan pemandangan dibawah. Tidak lama kita sampai di puncak bayangan. Di puncak bayangan adalah tempat untuk camp, disini cukup luas untuk mendirikan tenda dan pemandangan disini cukup bagus,terlihat gunung arjuna welirang. Setelah mendirikan tenda kita bisa masak dan istirahat.

Hari Kedua
Puncak Bayangan – puncak Penanggungan atau Pawitra 1 jam

Setelah makan dan istirahat yang cukup kita bisa summit sekitar jam 3 atau 4 pagi agar bisa melihat sunrise di puncak penanggungan. Dari puncak bayangan jalan lumayan terjal, kita harus berhati-hati karena banyak batu yang rawan jatuh ditambah jalan licin. Untuk summit sampai ke puncak cuma 1 jam. Setelah sampai puncak kita bisa santai dan menikmati sunrise puncak pawitra atau penanggungan.

Puncak Penanggungan – Puncak Bayangan 30 menit

Setelah puas menikmati indahnya puncak kita bisa turun kembali ke tenda dan packing untuk langsung turun ke pos perijinan.

Puncak Bayangan – Pos Perijinan 2 jam

Setelah selesai packing dan makan kita bisa melanjutkan turun ke pos pendakian dan jangan lupa bawah sampahnya turun lagi. Di saat turun kita harus hati-hati karena banyak pendaki saat turun berlari dan terjatuh.

Setelah sampai pos perijinan kita bisa menaruh sampah kita disana, istirahat sejenak di warung sekitar perijinan. Untuk yang mau mendaki Gunung Penanggungan diharapkan memakai sepatu dan mematuhi protokol kesehatan.

Estimasi Biaya Pendakian Gunung Penanggungan Via Tamiajeng :

1. Bus Surabaya – Pandaan atau sebaliknya PP 14rb
2. Pandaan – Trawas PP 30rb
3. Trawas – Pos Perijinan PP 15rb
4. Simaksi 10rb

Estimasi Pendakian Gunung Penanggungan Via Tamiajeng 2 Hari 1 Malam :

Hari Pertama
1. Pos perijinan – Pos 2 30 menit
2. Pos 2 – Pos 3 30 menit
3. Pos 3 – Pos 4 1 jam
4. Pos 4 – Puncak bayangan 1 jam 30 menit

Hari Kedua

1. Puncak Bayangan – puncak Penanggungan atau Pawitra 1 jam
2. Puncak Penanggungan – Puncak Bayangan 30 menit
3. Puncak Bayangan – Pos Perijinan 2 jam

Shared With Love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *