Puncak pundak

Pendakiawp – Gunung Pundak adalah salah satu gunung favorit untuk pendaki Jawa Timur khususnya pendaki mojokerto, surabaya, sidoarjo, pasuruan, malang dll. Dengan memiliki ketinggian 1.585 Mdpl  dengan view Gunung welirang, mampu menyihir banyak pendaki untuk pergi mendaki kesana. Selain medannya yang ringan, jarak tempuhnya pun pendek cuma 1-2 jam mendaki tektok atau 1 hari tanpa camp.

Gunung Pundak resmi dibuka mulai tanggal 20 November 2021 kemarin, dan hanya dibolehkan untuk mendaki 1 hari tanpa camp atau tektok. Perijinan mendaki Gunung Pundak diharuskan online lewat website sipenerang.tahuraradensoerjo.or.id. Meskipun diharuskan online para pendaki juga masih diperbolehkan daftar offline atau langsung ditempat. Gunung Pundak sendiri terletak di Dusun Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Gunung Pundak satu kawasan dengan Gunung Arjuno welirang, dimana pengelolaannya di bawah naungan Tahura R.soerjo.

Tiket perijinan Gunung Pundak 13rb perorang, dimana 10rb untuk tiket dan 3rb untuk asuransi. Sedangkan untuk parkir dikenakan 5rb persepeda motor.

Hal pertama untuk mendaki tektok adalah waktu start pendakian dan barang-barang yang dibawah. Kami start berangkat dari surabaya sekitar jam 4 shubuh karena target start pendakian jam 6 pagi. Kita naik speda motor dari surabaya sampai menuju perijinan Gunung Pundak di pacet. Kita sampai perijinan sekitar jam 05:30 WIB. Untuk peralatan yang kita bawah tas daypack yang berisi logistik Roti, nasi bungkus, buah dan Air minum pocari sweat 2 botol.

Perijinan – Pos 1 ( 15 Menit)

Pos 1 Gunung Pundak

Setelah prepare dan pemanasan kita start pukul 6 pagi sesuai rencana. Trek dari perijinan ke pos 1 cukup landai dengan Trek makadam. Sekeliling trek perijinan adalah tempat campground Loka Wiyata Surya, cocok juga untuk camp keluarga tanpa mendaki Gunung Pundak. Setelah 7 menit berjalan kita memasuk daerah penyemaian bibit pohon dan terdapat bangunan shelter cukup besar untuk istirahat.

Trek mulai menanjak, tidak lama kemudian terlihat Pos 1 ditandai dengan bangunan shelter dari pohon bambu dan juga ada penampungan air. Kita bisa mengisi air disini karena sudah ada kran kecil untuk mengisi botol air.

Pos 1 – Pos 2 ( 30 Menit)

Pos 2 Gunung Pundak

Setelah istirahat 3 menit kita lanjut jalan menuju pos 2.jalan menuju pos 2 lumayan terjal karena terkena hujan. Selain trek menuju pos 2 hutannya cukup rapat dan rimbun, sejuk untuk dinikmati disetiap langkah perjalanan. 30 menit berjalan akhirnya kita sampai pos 2 dengan tandai shelter dari bambu, serta tempat untuk istirahat yang luas.

Pos 2 – Puncak Gunung Pundak ( 30 Menit )

Di pos 2 ada 2 simpangan, dimana untuk ke arah kanan menuju puncak Pulosari dan yang kekiri ke Gunung Pundak.kita ambil kekiri ke Gunung Pundak. Trek menuju puncak lumayan landai kita melewati jembatan bambu, melewati sumber air pipa dimana air sangat jernih dan mengalir deras. Setelah berjalan 15 menit Trek mulai menanjak, memasuki batas vegetasi dengan ilalang yang lebat. Terlihat puncak Gunung Welirang yang menakjubkan dari trek pendakian. Setelah cukup lelah berjalan akhirnya kita sampai puncak Gunung Pundak 1.585 Mdpl.

Kita sampai Puncak jam 07:15 WIB, perjalanan 1 jam 15 menit dari perijinan ke puncak Gunung pundak. Dipuncak kita bersantai sejenak, swafoto dan menikmati keindahan Gunung pundan yang langsung menghadap Gunung Welirang yang gagah. Dipuncak juga kita bersantai sejenak membuat kopi dan tiduran dengan memasang hammock di puncak gunung pundak.

Puncak Gunung Pundak 1.585 Mdpl

Setelah puas bersantai digunung pundak, kita turun start sekitar pukul 10 pagi dari puncak. Untuk turun kita harus hati-hati dan jangan berlari karena jalannya yang licin sehabis hujan. Saat turun kita tidak istirahat sama sekali seperti saat naik. Sekitar 45 menit kita berjalan turun akhirnya kita sampai perijinan dengan selamat. Kita santai sejenak di perijinan setelah itu kita balik pulang ke surabaya.

Estimasi waktu dan Harga simaksi Gubung Pundak
1. Simaksi 13rb perorang (online/offline)
2. Perijinan – Pos 1 15 menit
3. Pos 1 – Pos 2 30 menit
4. Pos 2 – Puncak 30 menit
5. Puncak – Perijinan 45 menit

Tips Mendaki Gunung Pundak Tektok

1. Registrasi Online biar saat sampai basecamp tidak lama mengurus simaksi.

2. Mempersiapkan barang bawahan seperlunya saja, seperti cukup memakai daypack, dengan bawahan makanan berat dan ringan secukupnya. Serta air minum 2 botol 600ml.

3. Pemanasan sebelum start mendaki agar tidak terjadi sesuatu yang tidak di inginkan

4. Menejamen waktu sebaik munhkin dari berangkat hingga turun.

5. Yang terakhir jangan lupa berdoa

Shared With Love

By Pendaki Awp

Pendakiawp (Arjuna Welirang dan Penanggungan) adalah media informasi tentang destinasi wisata dan pendakian gunung arjuno welirang dan gunung penanggungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.