PendakiAWP

Gunung Arjuno welirang merupakan salah satu gunung favorit yang terletak di Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di  Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang dan Kota Batu. Gunung Arjuna yang memiliki ketinggian 3.339 mdpl dan gunung welirang 3156 mdpl ini masuk dalam kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo.

Gunung Arjuna Welirang ini memiliki 4 jalur pendakian, yaitu jalur Tretes, Lawang, Purwosari dan sumberbrantas Batu. Adapun salah satu jalur pendakian favorit ke gunung ini adalah melalui jalur tretes dimana kedua jalur ini memiliki ciri khas yaitu jalan bebatuan sampai camp terakhir pondokan.

Untuk mendaki ke gunung arjuna welirang via tretes kita harus booking online H-3 sebelum pendakian lewat website sipenerang.tahuraradensoerjo.or.id. Setelah itu kita mempersiapkan kebutuhan dan logistik pendakian untuk waktu 3 hari 2 malam dan 2 puncak arjuna welirang.

Setelah selesai booking simaksi pendakian gunung arjuna welirang para pendaki harus menyiapkan berkas pendaftaran yang sudah disetujui lewat email dan berkas tersebut di print untuk di tunjukan di pos perijinan sebagai syarat dan bukti pendakian.

Untuk menuju pos pendakian gunung arjuna welirang via tretes kalau dari surabaya dan malang pendaki naik bus jurusan surabaya – malang atau malang – surabaya terus nanti turun terminal pandaan. Kalau pendaki dari jakarta naik kereta turun stasiun malang, oper angkutan le terminal arjosari dan naik bus malang – surabaya turun pandaan. Kalau pendaki dari jakarta turun surabaya stasiun pasar turi / gubeng cari bus kota yang menuju terminal bungurasih, terus cari bus surabaya – malang dan turun di terminal pandaan. Untuk naik bus dari malang atau surabaya ongkos bus cuma 7rb.

Setelah sampai terminal pandaan pendaki cari angkutan umum di sekitar terminal, cari angkutan yang menuju arah tretes atau bilang mau ke arjuna welirang. Karna ada 2 angkutan umum di terminal, satu ke tretes dan satu ke trawas. Yang ke trawas adalah untuk ke gunung penanggungan. Untuk ongkos angkutan pandaan tretes 15rb

Pos parkiran – Pos 1 simaksi 30 menit

Setelah sampai pos perijinan tretes pendaki registrasi ulang. Untuk pos registras ulang pendaki trekking dari pos parkiran ke pos 1 sekitar 30 menit. Untuk menuju pos 1 sudah terlihat jalan khas pendakian tretes yaitu batu-batuan atau makadam. Ditambah lagi jalurnya terjal dan tanjakan hampir tidak ada bonus. Setlah kurang lebih jalan 20 menit kita akan melihat warung pet bocor, dimana pendaki bisa istirahat sambil mengisi perbekalan air. Dari pet bocor ke pos 1 lumayan dekat sekitar 10 menit tapi dengan sedikit tanjakan.

Pos 1 simaksi – Pos 2 cop-copan 3-4 jam

Setelah sampai pos 1 pendaki mengurus simaksi yang sudah di print dan membayar tiket 11rb perorang/perhari. Kalau pendakian 3 hari 2 malam maka simaksi perorang membayar 33rb. Setelah selesai mengurus simaksi perjalanan dilanjutkan melewati lahan kontrakan atau perkebunan warga dengan jalan yang sama bebatuan atau makadam. Di setiap jalan kita akan melihat perkebunan kopi, pisang, salak dll. Setelah berjalan cukup lama srkitar 3 jam akhitnya sampai di pos 2 cop-copan, di cop-copan ada sumber air yang masih jernih dan kita harus menjaganya agar di sekitar sumber air tidak kotor karna sampah pendaki. Disekitar cop-copan juga ada warung tapi buka setiap weekend, disebelah warung juga ada mushola cukup untuk berjamaah 2-3 orang.

Cop-copan – Pondokan 4 jam

Setelah lama bersantai kalian bisa lanjut ke pondokan, untuk menuju pondokan dari cop-copan sekitar 4 jam perjalanan, disini kita melewati tanjakan asu dimana kaki ketemu kepala dan iman di uji wkwkkw. Setelah melewati tanjakan asu kita sampai di alas lalijiwo dan melewati pohon pinus yang menjulang tinggi.

Pondokan – Puncak gunung welirang 3 jam

Setelah sampai pondokan dan istirahat untuk summit ke gunung welirang . Untuk summit ke gunung welirang sekitar saya saranin jam 2 pagiagar bisa melihat sunrise dan pemandangan kota dan hutan di sekelilingnya. Disisi lain kita juga bisa bertemu para penambang belerang di sekitar puncak welirang.

Pondokan – Puncak Gunung Arjuno 6 jam

Setelah selesai summit puncak pertama gunung welirang, kita lanjut summit ke gunung arjuna dari pondokan. Rekomendasi untuk summit arjuno sekitar jam 3 pagi atau shubuh dimana udara tidak begitu dingin, tapi kalau mau mengejar sunrise bisa summit jam 1 pagi. Disini kita melewati lembah kidang, dan tanjakan yang cukup terjal. Setelah itu kita sampai di pasar dieng dan dari sini sudah kelihatan puncak arjuno.

Pondokan – Pos perijinan 4 jam

Setelah selesai summit ajuno kita bisa langsung packing dan turun seketika itu agar tidak kemalaman saat sampai dibawah.

Estimasi biaya pendakian gunung arjuno welirang via tretes dari surabaya atau malang.

1. Bus Malang/surabaya – pandaan 7rb, pulang pergi jadi 14rb

2. Pandaan – pos perijinan tretes 15rb, pulang pergi jadi 30rb

3. Simaksi 3 hari 2 malam 33rb

Estimasi waktu pendakian  3 hari 2 malam gunung arjuna welirang via tretes

Hari pertama

1. Trecking pos parkiran – pos 1 perijinan 30 menit

2. Pos 1 – pos 2 cop-copan 3 jam

3. Pos 2 cop-copan – pos 3 pondokan 4 jam

Hari kedua

1. Pondokan – summit gunung welirang 3 jam

2. Puncak welirang – pondokan 1 jam 30 menit

Hari ketiga

1. Pondokan – Summit gunung arjuna 6 jam

2. Puncak gunung arjuno – pondokan 3 jam

3. Pondokan – pos parkiran tretes 4 jam

Shared With Love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *