Gunung bromo

Wisata menjadi konsentrasi tersendiri bagi pemerintah Indonesia. Selain dapat menyumbangkan pendapatan negara, wisata juga dapat menjadi pesona Indonesia dimata dunia. Tapi, yang lebih penting dari itu, konsep wisata yang masih berusaha dibangun Indonesia ialah wisata yang berkelanjutan dan dapat menyejahterakan masyarakat.

Berkenaan dengan wisata, Menteri PUPR belakangan ini sempat mempublikasi dan mengonfirmasi akan dibangun jembatan kaca di kawasan TNBTS, yakni tepatnya di Seruni Point, Kab. Probolinggo.

Wacananya, jembatan kaca tersebut sepanjang 180m dan membentang diatas jurang dengan kedalaman 80m. Tentunya jembatan kaca tersebut akan menyuguhkan pemandangan alam khas bromo.

Harapannya akan dibangunnya destinasi baru dikawasan TNBTS akan menjadi penggerak pertumbuhan sosial ekonomi warga sekitar.

Tidak hanya jembatan kaca, kementerian PUPR juga akan memfasilitasi sarana pendukung destinasi jembatan kaca dengan peningkatan kapasitas jalan nasional pembangunan terminal wisata (yang didalamnya termasuk pujasera, area parkir, pusat oleh-oleh, toilet, dan akses untuk menuju jembatan kaca).

Baca Juga : Kolaborasi Antara Cafe, Kolam renang, dan Alam? Kunjungi Bromo Transit Park, Tumpang, Malang

Pembangunan jembatan kaca ini juga tidak serta merta pembangunan baru, namun pemerintah juga tetap menggarisbawahi faktor-faktor yang harus dipersiapkan matang.
Yang pertama, pemerintah berkomitmen untuk mengedepankan aspek lingkungan hidup.

Yang kedua, pemerintah juga berkomitemen untuk menjaga dan melestarikan adat dan budaya tengger.

Yang ketiga, pemerintah juga berusaha untuk mempertegas aspek mitigasi bencana.
Seperti edukasi khusus kepada para pemandu tentang bencana atau situasi darurat mengingat lokasi berada di gunung aktif. Sehingga, faktor keselamatan pengunjung tidak bisa dinomorduakan.

Baca Juga : Sejarah Tangga Ke Kawah Bromo

Yang keempat, pemerintah tetap mengusahakan strategi edukasi kepada pengunjung untuk tetap paham dengan kawasan konservasi dan menghargai adat budaya Tengger.

Sekian informasi rencana pembangunan jembatan kaca di Bromo. Semoga komitmen-komitmen pemerintah tetap dilaksanakan secara maksimal, dan aspek ekologi serta kesejahteraan masyarakat tetap menjadi faktor yang harus dinomorsatukan.
Semoga impian destinasi wisata baru ini segera terwujud dan dapat menjadi sumber pendapatan bagi warga sekitar.

Shared With Love

By Pendaki Awp

Pendakiawp (Arjuna Welirang dan Penanggungan) adalah media informasi tentang destinasi wisata dan pendakian gunung arjuno welirang dan gunung penanggungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.