Jalan-jalan ke Gunung Gangsir: Dari sejarah candi masa Airlangga sampai makam ketua umum PKI Pertama

Gununggangsir

hai sobat AWP, Happy weekend..

Weekend kali ini admin coba ajak kalian menelusuri salah satu desa di sudut Pasuruan. Namanya ialah desa Gunung gangsir. Desa Gunung Gangsir adalah salah satu desa yang mengambil bagian penting dalam sejarah Indonesia.
Hmm, apa saja ya kira-kira sejarah yang ada di desa satu ini.
Yang pertama adalah, Candi Gunung Gangsir yang terletak di dsn. kebon candi Ds. GunungGangsir Kec. Beji Kab. Pasuruan.
Candi yang satu ini terletak di kawasan yang cukup terbilang padat penduduk. Syukurnya, candi ini masih terbilang kokoh dan bersih. Rumput-rumput yang rapi dan dikelilingi pagar yang kokoh menambah pesona Candi Gunung Gangsir yang tampak gagah. Konon, candi ini sebagai wujud penghormatan atas jasad Janda murah hati yang membantu memperkenalkan cara mencari makan yakni bercocok tanam saat wilayah tersebut krisis pangan. Diperkirakan candi ini juga dibangun saat masa pemerintahan Airlangga.

Gununggangsir Pasuruan


Fyi guys, Bangunan candi yang terbentuk terbuat dari batu bata ini, memiliki 4 lantai, dengan dua lantai dasar yang merupakan tubuh dan atap candi yang sebenarnya. Denah lantai dasar merupakan segi empat dengan sebuah tonjolan pada sisi timur, berlawanan arah dengan keletakan tangga. Denah tubuh dan atap candi juga segi empat, tetapi pada bagian ini keempat sisi dinding tubuh candi memiliki sebuah bidang tonjolan yang ramping.
Hmm, menarik bukan? Jadi, kalian kapan berkunjung kesana?

Setelah menyusuri bangunan yang cukup historical itu, admin mencoba menggali sisi lain dari Desa Gunung Gangsir yang tidak banyak orang tahu. Hmm, kira-kira apa yaa?
Semua orang pasti tahu bahwa Indonesia di masa revolusi nya pernah mengalami luka dalam. Bisa saja disebut sisi hitam revolusi Indonesia. Yap,  banyak orang menganggap bahwa PKI pemberontak negara. Namun, ini stereotipe atau stigma yang beredar. Ngga banyak orang tahu ‘apasih PKI itu?’. Namun, sekali lagi stigma yang beredar masyarakat bahwa PKI pembunuh 6 jenderal dan 1 perwira muda. Tapi, banyak orang melupakan akibat yang terjadi dibalik kejadian itu. Yakni bagaimana ratusan ribu orang PKI atau yang dianggap PKI dibunuh dengan tragis oleh kelompok kepentingan masa itu.

Makam keluarga R.A Prawira Atmadja


Nahh, rasanya Gunung Gangsir juga mengambil bagian sejarah dari sisi-sisi kejadian itu. Dimana terdapat makam yang dianggap ketua PKI pertama, yakni Dr. Semaun. Nahh, tim AWP media sempat menyambangi makan yang katanya makam ketua PKI pertama itu. Makam itu terletak di TPU Manggungrejo Ds. Gunung Gangsir.
Makam Semaun terletak di pemakaman keluarganya, yakni R.A Prawiro Atmadja. Makam itu terlihat dikeliling pagar teralis besi. Dalam pagar tersebit, terdapat 3 makam keluarga R.A Prawira Atmadja. Sedangkan makam Dr. Semaun dan Ny. Valentina istrinya terletak disamping  makam keluarga R.A Prawira Atmadja. Makam itulah yang diyakini makam ketua umum PKI yang pertama. Pada batu nisan nya, tertulis ia wafat pada 7 April 1971. Semaun adalah tokoh pemikir yang tampil di panggung politik Indonesia sejak usianya 14 tahun. Ia juga pernah bergabung dengan ISDV, organisasi yang menjadi cikal bakal PKI di Indonesia. Pada 20 Mei 1920 ia mengubah nama ISDV menjadi Partai Komunis Hindia Belanda. Yang mana 7 bulan kemudian namanya berganti menjadi Partai Komunis Indonesia dan ia diangkat sebagai ketua umumnya.
Ia juga pernah mengalami pengasingan ke Belanda, Eropa, dan pada akhirnya ia menetap di Uni Soviet selama 30 tahun. Saat kembali ke Indonesia, ia sudah berusia lebih dari 50 tahun dan sudah terputus hubungan dengan yang berbau PKI. Saat di Indonesia ia pernah menjadi pegawai pemerintah masa Soekarno dan pengajar mata kuliah ekonomi di Universitas Padjajaran, Bandung.

Ternyata Gunung Gangsir mengambil bagian dari perjalanan Indonesia yaa..

Nextime, agendakan untuk berkunjung ya Sobat.
Ingat kata Bung Karno ‘JASMERAH’ hehehe..

Makam Pendiri dan Ketua Umum Pertama PKI di indonesia
Prawira Atmadja
Samaun waktu muda

Shared With Love

Related posts

Leave a Comment