Pemetaan jalur Gunung Sumbing

Pendakiawp – Gunung Sumbing merupakan gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru dan Gunung Slamet. Gunung yang memiliki tinggi 3371 meter di atas permukaan laut (mdpl). Jalur Bowongso sendiri merupakan salah satu jalur pendakian yang dimulai dari sisi barat Gunung Sumbing. Jalur ini terdiri dari 3 pos pendakian dan memliki 1 mata air di jalurnya.

BASECAMP GUNUNG SUMBING VIA BOWONGSO 1400 MDPL

Basecamp Bowongso terletak di Desa Bowongso, Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Jalur Bowongso ini berada di sisi barat Gunung Sumbing dan basecampnya sendiri sudah berada di ketinggian 1400 mdpl. Persyaratan pendakian meliputi peralatan sesuai SOP, Identitas, dan surat keterangan sehat/surat vaksin.

BASECAMP 1400 MDPL – POS 1 (TAMAN ASMARA) 2064 MDPL

Pos 1 Gunung Sumbing Via Bowongso

Perjalanan dari Basecamp ke Pos 1 (Taman Asmara) dapat ditempuh selama 90 menit. Terdapat jasa ojek lokal seharga 20 ribu yang akan membawa kita hingga area parkiran swadas, sekitar 30 menit dari pos 1. Vegetasi tanaman di rute ini masih berupa perkebunan warga.

Baca Juga : Mahasiswa UGM Mengembangkan Sistem Informasi Geografi Jalur Pendakian Gunung Sumbing untuk Memudahkan Pendaki

POS 1 (TAMAN ASMARA) 2064 MDPL – POS 2 (BOGEL) 2438 MDPL

Pos 2 Gunung Sumbing Via Bowongso

Menuju pos 2 kita sudah masuk ke dalam vegetasi hutan yang lebih rimbun. Jalur pendakian berupa tanah dan terdapat beberapa tanjakan curam menuju pos 2. Perjalanan menuju pos 2 akan memakan waktu selama 90 menit. Pos 2 merupakan area camp yang dapat menampung hingga 20 tenda. Terdapat sumber mata air disini.

POS 2 (BOGEL) 2438 MDPL – CAMP GAJAHAN 2600 MDPL

Setelah 75 menit berjalan dari pos 2, kita akan tiba di camp gajahan. Camp Gajahan merupakan campsite tertinggi yang ada di jalur Bowongso. Sebanyak 15 Tenda dapat didirikan di area ini. Namun angin biasanya bertiup lebih kencang di area ini sehingga sebagian pendaki mendirikan tenda di pos 2.

CAMP GAJAHAN 2600 MDPL – POS 3 (ZORRO) 2900 MDPL

View Gunung Sumbing


Perjalanan menuju Pos 3 memakan waktu 75 menit. Pos 3 ditandai dengan pohon yang berada diantara vegetasi ilalang. Sebelum sampai di pos 3 kita akan melewati tanjakan PHP dengan kemiringan jalur yang cukup terjal.

POS 3 (ZORRO) 2900 MDPL – PUNCAK RAJAWALI 3371 MDPL

Puncak Rajawali Gunung Sumbing

Perjalanan dari Pos 3 menuju puncak akan jauh lebih menantang dengan waktu perjalanan 90 menit, Vegetasi rumput ilalang dan pohon cantigi dengan trek tanah dengan kemiringan yang cukup terjal akan dilewati. Disarankan untuk tidak summit terlalu siang karena panas matahari yang menyengat.

Informasi tentang pendakian dan wisata Gunung Arjuno welirang dan penanggungan kunjungi disini.

Penulis :

 Alif Kurniawan (Kimia 2018), Annisa Dwi Putri (Geofisika 2019), Natalia Rani Dewanti (Geofisika 2019), dan Alfian Surya Rahmadan (Matematika 2019).

Buklet wisata pendakian Gunung Sumbing Via Bowongso dari MahasiswaUGM Pesains FMIPA

Shared With Love

By Pendaki Awp

Pendakiawp (Arjuna Welirang dan Penanggungan) adalah media informasi tentang destinasi wisata dan pendakian gunung arjuno welirang dan gunung penanggungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.