Gunung slamet

Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur membuka kembali jalur pendakian Gunung Slamet via Bambangan mulai Minggu (25/10/2020). Pendakian gunung slamet via bambangan termasuk jalur favorit pendakian, kouta pendakian untuk jalur bambangan 300 orang perhari. Pembukaan pendakian gunung slamet ini menambah daftar jalur pendakian yang dibuka, setelah sebelumnya pendakian gunung slamet dibuka via guci, gunung malang dan baturaden.

Baca Juga : Pembukaan Pendakian Gunung Slamet Via Guci

Untuk syarat pendakian ke gunung slamet menerapkan protokol kesehatan, dimana protokol ini untuk mengantisipasi penyebaran virus covid-19. Persyaratan pendakian dan SOP pendakian gunung slamet via bambangan sebagai berikut :

1. Membawa masker min 2 pcs/org dan membawa hand sanitizer pribadi

2. Tidak sedang dalam keadaan sakit dan suhu badan dibawah 37°C

3. Pendaki wajib membawa surat bebas covid 19/ minimal surat keterangan sehat yang dikeluarkan oleh dokter atau instansi kesehatan

4. Jumlah pendaki dibatasi 300 orang/hari

5. Tiket masuk Rp. 25.000

6. Dilarang melakukan vandalisme dan merusak lingkungan, ekosistem, dan habitat yang ada

7. Sampah wajib dibawa turun!

8. Harap mempersiapkan logistik dan fisik dengan baik
Itu saja SOP yanga ada untuk diperhatikan dan diterapkan.
Pihak pengelola Gunung Slamet juga menghimbau kepada para pendaki untuk mendaki sampai batas aman yakni di Plawangan. Tetapi, jika berniat sampai puncak dimohon lebih berhati-hati lagi. Pihak pengelola menekankan bahwa pihaknya tidak bertanggung jawab terhadap segala risiko yang terjadi jika pendaki melewati batas aman.

Baca Juga : Pembukaan Pendakian Gunung Slamet Via Gunung Malang

Selain itu, Indonesia mulai memasuki musim hujan yang menyebabkan medan pendakian akan terasa lebih berat dari biasanya. Jalan licin dan jarak pandang berkurang karena tertutup kabut bisa menjadi makanan pendaki di sepanjang jalur. Para pendaki juga di himbau untuk mempersiapkan diri untuk cuaca buruk yang terjadi. Seperti membawa jas hujan, ganti baju doubel dan plastik untuk melindungi pakaian agar tidak basah saat hujan.

Pendakian juga hanya direkomendasikan sampai batas aman di Plawangan. Pengelola tidak memberikan rekomendasi untuk pendakian ke puncak slamet, Pengelola juga tidak bertanggungjawab atas segala risiko jika melakukan pendakian melebihi batas aman.

Shared With Love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *