Gunung semeru

Pelaksana tugas Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN BTS), Agus Budi Santosa, mengatakan survei kelayakan pembukaan pendakian Gunung Semeru digelar akhir Maret 2021. Akan dibuka April mendatang jika hasil evaluasinya layak.

Agus mengatakan pendakian Gunung Semeru biasanya dibuka pada awal April setiap tahunnya. Karena, kata dia, sebelum April, kawasan Gunung Semeru sering terjadi badai berupa angin kencang & hujan deras.

“Badai ini bisa membahayakan kegiatan pendakian,” ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin 15 Maret 2021.

Rencananya, TNBTS akan melakukan survei ke lapangan pada 31 Maret ini. Dari hasil evaluasi tersebut, kemudian akan dinilai pendakian Semeru layak dibuka di atau tidak.

Agus mengatakan, penutupan pendakian Semeru saat ini adalah untuk tujuan pemulihan ekosistem. Masa pemulihan ekosistem itu berlaku selama tiga bulan sejak Januari 2021 lalu. Namu penutupan pendakian semeru sudah berlaku sejak november 2020. Karena peningkatan aktivitas gunung semeru yang erupsi.

Sumber : Tempo.co

Shared With Love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *