Petirtaan Sumber Pinang Dan Napak Tilas Gua Sakera

Pendaki awp

Kabupaten Pasuruan memiliki kekayaan alam yang melimpah, terutama dalam hal sumber mata air. Banyak daerah di Kabupaten Pasuruan yang mempunyai titik sumber mata air yang bisa di manfaatkan untuk keperluan masyarakat sekitar dan tujuan wisata. Salah satunya adalah Sumber Pinang yang berada di dusun Krajan, Desa Jatigunting, Kecamatan Wonorejo Pasuruan. Sumber pinang mempunyai banyak titik sumber mata air, hampir seluruhnya mempunyai air yang cukup besar. Air sumber pinang selain untuk keperluan masyarakat sekitar juga bisa di manfaatkan untuk tujuan wisata seperti untuk pemandian, arum jeram, outbond dll.

Air sumber pinang memiliki keunikan tersendiri selain untuk keperluan warga untuk mandi, minum, dan keperluan lainnya. Tak hanya itu, air disana bisa langsung diminum, ini ditunjukkan dari penelitian dinas kesehatan Kabupaten Pasuruan.

Baca juga : Coban Slimpring, Surga Tersembunyi Di balik Lebatnya Hutan Tahura Raden Soerjo

Sumber pinang sudah tidak asing di kalangan warga Wonorejo, selain menjadi salah satu tempat untuk mandi dan mencuci juga bisa untuk istirahat sejenak disana, karena di sekitar sumber pinang cukup sejuk, banyak pohon rindang hampir seperti hutan belantara cocok untuk bersantai sejenak setelah selesai aktifitas. Melihat potensi sumber pinang pemuda desa dan karang taruna berencana menjadikan sumber pinang menjadi salah satu tempat tujuan wisata masyarakat luas dan menjadi kebangaan wisata warga wonorejo, itu terlihat dari pembangunan sedikit demi sedikit, dari akses jalan raya, tangga jalan, dan spot untuk bersantai dan berfoto. Dari berbagai kemajuan itu, timbul kesadaran pemuda dan warga sekitar untuk membangun dan mengenalkan potensi wisata sumber pinang agar dikenal khalayak luas. Perlu dukungan dan semangat yang kuat dari pemerintah desa dan Kabupaten Pasuruan untuk mendukung pemanfaatan area sumber pinang untuk tujuan wisata.

Napak Tilas Jejak Sakera

Selain bisa menikmati dan mandi di sumber pinang kita juga bisa menulusuri jejak sejarah sakera di area sumber pinang. Dimana sakera ini adalah icon pahlawan Pasuruan. Tak kalah menarik, di area sumber pinang juga terdapat gua sakera yang dalamnya kurang lebih 20 meter. Menurut penuturan warga setempat gua sakera ini adalah tempat persembunyian sakera dari kejaran belanda waktu itu. Untuk ke gua sakera dari mata air sumber pinang kita cukup berjalan 20 menit. Berjalan setapak di area jurang dari sumber pinang yang nampak seperti hutan dikarenakan banyak pohon, ilalang serta berbgai tanaman warga di sekitar jalan untuk menuju ke gua sakera. Selain berjalan setapak di tepi aliran air dari sumber pinang kita juga sekali-kali menyebrang sungai. Sampai di gua sakera kita bisa masuk ke dalam gua dan memakai senter untuk penerangan untuk masuk ke dalamnya. Di dalam gua juga terdapat batu yang lebar seperti peristirahatan atau pertapaan dari sakera.

Baca juga : Eksotis Di Lereng Arjuna, kembali menyihir mata

Semoga dengan kesadaran pemuda dan warga desa jatigunting sumber pinang bisa menjadi destinasi wisata baru di kabupaten pasuruan dan menjadi daya tarik konsep wisata di sekitar Kabupaten Pasuruan

Shared With Love

Related posts

Leave a Comment