Syarat Gunung Penanggungan

Pendakiawp – Gunung Penanggungan salah satu gunung favorit di Jawa Timur yang banyak dikunjungi para pendaki saat akhir pekan. Selain keindahan alamnya yang mempesona, jalan untuk menuju puncak Gunung Penanggungan juga sangat terjal dan menantang.

Gunung Penanggungan sendiri memiliki ketinggian 1.653 Mdpl, memiliki tipe Gunung berapai kerucut dalam keadaan istirahat. Gunung penanggungan memilik 5 jalur pendakian resmi diantaranya, Jalur Tamiajeng, Kedungudi, Jolotundo, Kunjorowesi dan Tlaga. Dari 5 jalur ini jalan atau trekking menuju puncak memiliki kareteristik yang sangat berbeda-beda, seperti tamiajeng memiliki jalur yang cukup landai dan umum dilewati pendaki karena pesona keindahannya disetiap jalurnya.

Baca Juga : Estimasi Dan Biaya Pendakian Gunung Penanggungan Via Tamiajeng

5 jalur pendakian Gunung Penanggungan yang Resmi

Gunung Penanggungan juga terkenal dengan jalur purba seribu candi, dimana setiap trekking pendakiannya melewati candi-candi peninggalan zaman Hindu-Budha. Untuk jalur ini biasanya lewat jalur Kedungudi, Jolotundo, Kunjorowesi dan Tlaga. Melalui jalur tersebut kita dapat menikmati naik gunung sambil belajar mengetahui tentang sejarah peradaban masa lalu tentang Gunung Penanggungan. Kalau kita lewat Jolotundo kita bisa lihat petirtaan jolotundo, melewati candi bayi, candi sinta dll. Sedangkan kalau lewat kedungudi kita bisa melewati candi kendalisodo yang megah dan utuh.

Syarat Pendakian Gunung Penanggungan di Masa Pandemik

1. Pendaki diwajibkan sudah vaksin minimal dosis pertama
2. Memakai masker dan membawa Handsanitizer
3. Menginstall Aplikasi PeduliLindungi
4. Membawa peralatan standart pendakian
5. Membayar simaksi 10rb
6. Mematuhi Protokol kesehatan

Bagi kalian yang baru pertama mendaki Gunung Penanggungan usahakan memakai sepatu karena untuk menjaga keselamatan saat mendaki dikarenakan jalannya yang terjal. Rekomendasi jalur bagi pemula adalah jalur pendakian via Tamiajeng , disini jalurnya sangat jelas dan terbuka, disaat weekend, pengunjung bisa sampai 5rb orang lebih. Biaya parkir di Gunung Penanggungan 10rb persepeda.

Jika kalian membutuhkan informasi mengenai Gunung Arjuno welirang dan penanggungan kunjungi disini. Syarat pendakian Gunung Penanggungan terbaru 2021

Shared With Love

By Pendaki Awp

Pendakiawp (Arjuna Welirang dan Penanggungan) adalah media informasi tentang destinasi wisata dan pendakian gunung arjuno welirang dan gunung penanggungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.