Terobosan Baru Yang Canggih Dalam Pendakian Gunung Merbabu

Pendaki awp inovasi

Gunung merbabu terus meningkatkan inovasi pelayanan dan keamanan di masa istirahat. Ini tidak di pungkiri semenjak terjadinya pandemik virus Covid-19 gunung merbabu sendiri ditutup untuk pendakian namun terus meningkatkan fasilitas pelayanan dan kenyamanan para pengunjumg. Ini dilihat dari inovasi-inovasi baru yang diterapkan antara lain

Inovasi tersebut antara lain :
A. Keamanan dan Keselamatan

1. Gelang Pintar
Menggunakan teknologi radio frequency identification (RFID). Chip yang tertanam di dalam gelang berfungsi memancarkan sinnal yang dapat ditangkap oleh menara pemancar di sejumlah titik pendakian. Teknologi ini memudahkan pencarian posisi pendaki ketika dalam kondisi darurat.

2. Panic Button
Aplikasi kedaruratan yang dapat diinstal di smartphone pendaki. Fungsinya memberikan tanda bahaya agar segera mendapat pertolongan petugas. Aplikasi ini tetap berfungsi meskipun tanpa sinyal internet alias di kawasna blankspot.

B. Administrasi Pendaftaran

Sidaring
Sistem pendaftaran online yang memudahkan calon pendaki mengakses Gunung Merbabu. Sekaligus memberikan informasi logistik yang perlu dibawa saat pendakian, informasi cuaca, jalur resmi, dan sebagainya.

C. Terobosan Internal

Simeru
Dengan sistem informasi terpadu ini menjadikan cara kerja staf Balai Taman Nasional Gunung Merbabu yang sebelumnya bersifat paper based reports menjadi virtual report. Data dari lapangan terkelola di server secara real time dan terpantau oleh pimpinan. Sekaligus tersaji lengkap dan lebih akurat secara spasial maupun temporal.

Dengan inovasi teknologi ini monitoring pengunjung atau pendaki yang mendaki ke gunung semeru terdata secara otomatis di running text yang berada di gerbang pendakian. Hingga saat ini pihak balai besar taman nasional gunung merbabu memiliki 1.000 gelang pintar.

Gunung merbabu sendiri terletak di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan, Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara, Provinsi Jawa Tengah. Gunung merbabu sendiri banyak dikunjungi para pendaki ini terlihat dari data pengunjung tahun lalu sebanyak 318.388. Jalur favorit untuk pendakian sendiri via selo kabupaten boyolali. Gunung merbabu mempunyai 5 kawah diantaranya kawah condrodimuko, kombang, kendang, rebab dan sambernyowo. Selain itu gunung merbabu memilik 2 puncak gunung, puncak syarif yang berada di ketinggian 3119mdpl dan puncak kenteng songo 3142mdpl.

Sudah tidak sabar lagi untuk menunggu dibukanya pendakian gunung merbabu, menikmati puncak gunung dan kawah yang eksotis di gunung merbabu. Apalagi ditambah inovasi pelayanan dan keamanan yang cukup lengkap yang dapat meminimalisir kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

Shared With Love

Related posts

Leave a Comment