Tips dan Trik Merekam Video di Medan Pegunungan

tips merekam di gunung

Di era digital seperti sekarang ini ramai orang membuat konten video untuk mengabadikan momen indah saat liburan. Di masa pandemi ini, kita sangatlah sulit untuk melakukan aktifitas dilluar rumah karena aturan PSBB dari pemerintah. Semua tempat hiburan ditutup dan membuat banyak orang jenuh dirumah saja.

Namun, di tengah pandemi ini tidak sedikit juga tempat wisata yang dibuka untuk umum. Salah satunya adalah jalur pendakian gunung. Akhir-akhir ini jalur pendakian ramai dipadati pengunjung selama masa pandemi ini. Apakah kamu salah satunya?

Tentunya seorang pendaki akan mengabadikan momen mereka dengan berswafoto maupun membuat vlog dan video sinematik sewaktu mendaki gunung. Untuk mengabadikan momen tersebut tentunya kamu harus menyiapkan skill bagaimana cara merekam video di medan pegunungan. Kali ini saya akan berbagi tips dan trik yang akan mengasah skill kamu. Oleh karena itu, simak pembahasan saya dibawah ini ya!

  1. Peralatan

Sebelum kamu membuat video, tentunya kamu harus menyiapkan alat-alat perekam video.

Dalam hal ini, kamu bisa menyesuaikan dengan budget kamu. Baik itu smartphone, kamera digital, maupun drone. Semakin bagus alat yang kamu pakai maka semakin baik juga kualitas videomu. Tapi skill kalian lebih penting dari peralatan tersebut, jadi jangan khawatir ya!

2. Composition Rules

Mulai agak ribet nih, tapi jangan takut dulu. Di dunia fotografi ada yang namanya komposisi gambar. Dunia videografi juga perlu menerapkan komposisi gambar agar footage yang dihasilkan lebih nyaman dipandang. Ada beberapa komposisi yang perlu dipahami seperti Golden ratio, Rule of thirds dan masih banyak lagi.

Kali ini kita akan membahas komposisi termudah dan paling ampuh. Yaitu, Rule of thirds.

Rule of thirds adalah penempatan objek atau point of interest dalam garis rule of thirds itu sendiri. Kalian bisa menempatkan objek yang kalian inginkan dalam garis rule of thirds yang membentuk ‘+’ agar objek yang kalian tangkap lebih nyaman dipandang dan terekspose dengan baik. Rule of thirds juga menjaga gambar yang kalian ambil tidak miring.

Saat merekam video, kalian bisa mengaktifkan rule of thirds di pengaturan kamera smartphone maupun kamera digital. Jangan lupa jaga objek kalian supaya tetap berada di rule of thirds saat merekam video ya!

3. Safety First

Saat mendaki gunung, tentunya kalian akan bertarung dengan medan yang ekstrim. Dengan kata lain, kamu harus selalu berhati-hati dalam mendaki gunung, apalagi saat merekam video. Tentunya kalian harus memperhatikan medan yang baik untuk merekam video kalian.

Jangan lupa selalu gunakan pengaman seperti strap apabila kalian menggunakan kamera digital dan case apabila kalian mengunakan smartphone. Penggunaan tripod dan gimbal stabilizer juga sangat membantu kalian dalam menangkap footage yang bagus.

Penulis : M. Iddris Siddiqul Auwwalin

Shared With Love

Related posts

Leave a Comment